host

Hosting Gratis

Kamis, 28 Juni 2012

Rakyat AS Khawatir dengan China


Dua per tiga rakyat Amerika Serikat (AS) saat ini melihat China sebagai potensi ancaman militer serius bagi negara mereka. Sementara warga China meyakini bahwa negaranya ditakdirkan untuk menjadi Negara Adidaya.

Hampir enam dari 10 dari warga China mengira bahwa AS terus berusaha keras untuk men­cegah China meraih status Ne­gara Adidaya. Tetapi banyak juga yang menyebutkan, Pemerintah China salah dalam menjaga hu­bu­ngan dengan AS.

Hasil poling yang dilakukan oleh Comittee of 100, sebuah kelompok LSM China-Amerika yang mempromosikan pertu­ka­ran budaya- menunjukan per­sepsi publik AS dan China antara satu dengan lainnya. Survei ini dilakukan pada Desember 2011 dan Januari tahun ini, dengan mewawancara 4.153 warga China dan 1.400 warga AS.

Poling itu menemukan 55 persen warga AS amat berminat dengan China, sementara 59 persen publik China memiliki pemikiran yang sama tentang Negeri Paman Sam. ”Kedua war­ga dari negara ini saling me­nyu­kai satu sama lain,” ujar anggota Committee 100 Charlie Woo, seperti dikutip dari okezone.com Rabu (27/6).

Dalam survey yang dilakukan oleh Gallup-Daily China USA menunjukkan 42 persen warga AS menyukai pandangan China, ternyata 44 persen lainnya tidak me­nyukainya. Sementara de­la­pan dari 10 warga AS berpikir hubungan dekat China memang baik, namun enam dari 10 warga AS juga memandangnya sebagai hal yang buruk.

Ketika Gallup mengeluar­kan pertanyaan siapa musuh utama AS pada Februari lalu, China berada di posisi kedua di bawah Iran. Warga AS me­rasa khawatir akan kekuatan China. Mereka menilai China lebih kuat dari musuh-musuh AS lainnya, se­per­ti Korea Uta­ra, Afghanistan, Irak dan Iran.

Woo pun mengakui antara China dan AS memang kurang saling mempercayai. Survei dari komite ini juga menunjukkan urutan negara yang dianggap penting bagi AS. (*) (padangekspres.co.id)
Bookmark and Share

0 komentar:

Poskan Komentar

LIKE FOR BLOG