host

Hosting Gratis

Jumat, 21 September 2012

Bisa Ular Beracun Dikembangkan Jadi Obat Penyakit Berat

Gigitan ular berbisa dapat berakibat fatal jika racun telah menjalar ke seluruh tubuh dan menyebabkan kematian. Tetapi para ilmuwan baru-baru ini menemukan bahwa bisa ular mungkin dapat dikembangkan menjadi obat penyakit berat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa molekul racun bisa dimodifikasi menjadi molekul non-racun secara alami. Bisa yang diproduksi kelenjar racun pada ular tidak digunakan seluruhnya untuk membunuh mangsa, tetapi sebagian digunakan untuk melayani fungsi jaringan lain dalam tubuh.

Bisa yang digunakan untuk jaringan tubuh ular inilah yang dimungkinkan dapat menjadi bahan obat berbagai penyakit manusia, seperti hipertensi, diabetes, dan kanker.

Kebanyakan racun ular berbisa memiliki target jalur fisiologis yang sama dalam tubuh dengan obat-obatan yang digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi medis.

"Racun ular tersebut dapat dijinakkan menjadi protein fisiologis yang tidak berbahaya dan dapat membantu pengembangan pembuatan obat dari racun," kata Nicholas Caswell, pemimpin penelitian dari Liverpool School of Tropical Medicine, Inggris seperti dilansir health.india, Jumat (21/09/2012).

Penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Nature Communications dan diharapkan dapat menjadi acuan penelitian selanjutnya yang berfokus pada pembuatan obat dengan memanfaatkan bisa ular.
DETIK.COM
Bookmark and Share

Peneliti Ciptakan Obat Penurun Kolesterol Tanpa Efek Samping

Ada harapan baru bagi mereka yang memiliki masalah kolesterol. Kini ilmuwan dari University of Edinburgh, Inggris, melakukan penelitian jangka panjang. Penelitian itu untuk menemukan generasi obat baru yang bisa mengurangi tingkat kolesterol buruk dalam darah tanpa menimbulkan efek samping berbahaya pada tubuh.

Saat ini, sebagian besar obat-obatan pengontrol kolesterol menggunakan statin sebagai bahan aktif utama. Statin itu terbukti menunjukkan sejumlah efek samping mengkhawatirkan. Mulai dari nyeri otot, masalah usus, penyempitan pembuluh darah, hingga diabetes.

Pemimpin penelitian, Profesor Peter Ghazal, menjelaskan, obat baru yang mereka ciptakan berdasarkan pada hormon khusus. Hormon itu menginduksi sistem kekebalan tubuh untuk melawan tingkat kolesterol tinggi secara mandiri, seperti melawan infeksi virus.

Penemuan ini memungkinkan tubuh menurunkan kolesterol dengan cara yang jauh lebih halus dan aman ketimbang menggunakan metode lama berbasis statin. Obat baru ini akan tersedia dalam waktu lima tahun
(METROTVNEWS)
Bookmark and Share

Buah-buahan Pelindung Jantung


Kekurangan kalium di dalam darah (hipokalemia) bisa menyebabkan gangguan jantung. Selain untuk kontraksi otot-otot tubuh, kalium juga berfungsi sebagai pengantar listrik persyarafan seluruh tubuh. Kalium yang memadai dalam tubuh berfungsi sebagai penyeimbang asam-basa tubuh.
Gangguan keseimbangan ini akan mengganggu kondisi tubuh secara keseluruhan. Ketidakseimbangan ini lebih mencemaskan bila sudah mengganggu fungsi jantung sehingga terjadi gangguan irama jantung.
Untuk mencegahnya, penuhi kebutuhan kalium tubuh. Kalium bisa didapatkan dari susu skim, burger, daging, dan tomat. Namun, asupan kalium terbesar bisa didapatkan dari buah-buahan.
Di antara buah-buahan, semangka dan pisang paling banyak kandungan kalium. Sedikitnya 1-2 buah pisang sehari mencukupi kebutuhan tubuh akan kalium.
Sumber kalium lain adalah kurma dan kismis. Tomat juga lumayan banyak mengandung kalium. Dalam takarang sedang, tomat memberikan 340 mg kalium, separuh kandungan kalium dalam pisang. Selain itu jeruk, alpukat, dan stroberi sama banyak kandungan kaliumnya.
(KOMPAS)
Bookmark and Share

Biji Labu Bikin Lelaki Tetap 'On'

Buah LabuDiketahui dapat menambah gairah kalangan lelaki. 

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh Chicago's Smell and Taste treatment and Research Center, menunjukkan fakta bahwa biji buah labu bisa menjadi alternatif untuk kalangan penderita impotensi dan meningkatkan gairah seks. 

"Mulai saat ini, kalangan perempuan cukup menyediakan biji labu untuk membuat pria terangsang," papar Alan Hirsch, Direktur Chicago's Smell and Taste Treatment and Research Center seperti dilansir laman Alldoing.

Menurut penelitian tersebut, bagian terpenting dari labu untuk kemampuan seksual pria adalah biji labu. 

Hal ini dikarenakan biji labu kaya akan seng yang bermanfaat untuk pembesaran prostat, meningkatkan testosteron dan gairah seksual.

Selain itu, biji labu juga memberikan aroma terbaik yang dinyatakan dapat membantu lelaki cepat terangsang.

Dalam penjelasannya, kalangan peneliti menyatakan bahwa aroma labu dapat mengurangi rasa cemas. Dengan menurunya kecemasan, maka aliran darah ke alat kelamin meningkat.

"Kombinasi dari aroma dapat meningkatkan 40 persen aliran darah ke penis. Labu merupakan stimulan yang sangat kuat," pungkas Hirsch. 
(BERITASATU)
Bookmark and Share

10 Makanan Kaya Kalium Selain Pisang


 Dibanding minuman olahraga, buah pisang dianggap sebagai penghasil energi alami dalam dunia kebugaran. Sebuah studi penelitian mendukung anggapan ini, dimana daya tahan pesepeda lebih berlimpah ketika ia mengonsumsi pisang ketimbang minum minuman olahraga.
Satu buah pisang berukuran sedang memiliki kandungan 442 miligram kalium. Sekitar 11 persen dari 4.700 miligram pisang harus dikonsumsi untuk mendapatkan tenaga ekstra. Namun, pisang bukanlah elektrolit satu-satunya. Menurut Angela Ginn, RD, LDN, CDE, juru bicara Akademi Nutrisi dan Diet, kalium seperti pada buah berwarna kuning ini bisa ditemukan pada buah dan sayuran lainnya. Bahkan, beberapa sumber ini memiliki sumber kalium yang akan mengejutkan Anda.

Apa saja sumber makanan kaya kalium selain pisang?

1. Kentang

Kentang berukuran medium memiliki kandungan kalium sekitar 542 miligram dan mendorong antioksidan beta karoten.

2. Kacang

Beberapa varietas kacang kaya serat dan protein. Satu cangkir kacang putih kaya kalium sebesar 1.189 miligram. Satu cangkir kacang kapri memiliki 707 miligram kalium. Satu cangkir kacang kedelai memiliki kandungan kalium 970 miligram.

3. Kurma

Setiap butir buah kurma memiliki kandungan kalium sebesar 167 miligram. Buah kering yang kaya serat ini mampu mengalahkan kalium pada pisang.

4. Yogurt

226 gram yogurt rendah lemak memiliki kandungan kalium sebesar 531 miligram. Namun, waspadalah saat mengonsumsi yogurt dengan paduan buah di dalamnya. Pastikan buah tersebut tidak kaya gula.

5. Alpukat

Satu buah alpukat mengandung lebih dari dua kali kandungan kalium pada pisang. Yakni sebanyak 975 miligram.

6. Saus tomat


Secangkir saus tomat berisi 800 miligram kalium. Namun, perlu dipastikan saus tersebut tanpa tambahan sodium dan gula.

7. Ikan

sekitar 85 gram ikan halibut dalam kemasan memiliki kalium sebanyak 449 miligram. Makanan laut yang baik selain halibut adalah salmon dan kerang.

8. Aprikot kering
Aprikot kering kaya kandungan kalium sebesar 257 miligram per porsi seperempat cangkir.

9. Melon


Seporsi melon yang segar kaya kalium sebesar 358 miligram. Untuk kandungan yang setara dengan pisang maka satu buah melon bisa dikonsumsi.

10. Pepaya

Buah berwarna cerah ini memiliki kandungan kalium 264 miligram untuk potongan sekitar 2,5 sentimeter.
Setelah melihat uraian tersebut di atas, kini sumber kalium sebagai asupan saat berolahraga lebih bervariasi. Selamat mencoba!
(KOMPAS.COM)

Bookmark and Share

LIKE FOR BLOG