host

Hosting Gratis

Minggu, 24 Juni 2012

Pemetaan Genetik Mikroba untuk Kesehatan Manusia

Penelitian terbaru oleh ratusan ilmuwan dari berbagai universitas Amerika Serikat berhasil mengembangkan peta genetik, di mana hampir semua mikroba yang mendiami tubuh manusia sehat. Peta ini akan dapat digunakan sebagai referensi utama bagi para ilmuwan di seluruh dunia dalam mengeksplorasi tentang interaksi antara mikroba dan sistem kekebalan tubuh manusia.

Temuan penelitian sama dengan pencapaian ilmuwan di bidang pemetaan genom manusia lebih dari satu dekade lalu. Namun, jumlah mikrobakteri yang ditemukan kini meningkat sampai dengan lebih dari 10.000 spesies. Jumlah ini diklaim merupakan 99 persen dari total seluruh mikrobakteri yang ada pada tubuh manusia.

Dengan presentase sebesar 99 persen, peta ini dapat digunakan sebagai referensi utama bagi para ilmuwan di seluruh dunia dalam mengeksplorasi tentang interaksi antara mikroba dan sistem kekebalan manusia.

Penelitian ini merupakan puncak dari proyek Human Microbiome Project yang telah berlangsung selama lima tahun dan biaya hingga USD173 juta. Biaya sebesar ini digunakan untuk sensus terhadap lokasi dan konsentrasi mikroba (bakteri, virus, dan jamur) di dalam tubuh manusia sehat.

"Mengetahui mikroba apa saja yang tinggal atau berada di lingkungan normal tubuh orang sehat akan membawa kita bisa menganalisis lebih dalam saat timbul penyakit yang terkait mikrobakteri. Misalnya penyakit maag dan obesitas," ungkap George Weinstock, ilmuwan asal Washington University, di St. Louis.

Referensi diperoleh setelah mereka menguji 5.000 sampel dari 242 relawan di Amerika Serikat. Para peneliti mengambil sampel dari 15 titik di tubuh pria, serta 18 titik di tubuh wanita, termasuk dari air liur, darah, kulit hingga feses.

Direktur National Human Genome Research Institute Eric Green mengutarakan, dokter dan peneliti ahli telah lama mengetahui bahwa manusia berbagi tubuh dengan triliunan mikroorganisme. Setidaknya ada sekitar 10 sel bakteri untuk setiap sel dalam tubuh manusia. Namun, karena ukurannya sangat renik, sel-sel mikroba tersebut hanya menyumbang satu hingga tiga persen dari total massa tubuh manusia.

Green mengatakan, pada orang dewasa berbobot 100 kilogram, terdapat satu hingga tiga kilogram bakteri. "Sebetulnya selalu hidup berdampingan dengan mikroba secara harmonis. Tapi kadang hubungan harmonis itu rusak, dan mengakibatkan terjadi penyakit," ujarnya
kompas.com
Bookmark and Share

Vaksin Hepatitis B Miliki Daya Cegah 25 Tahun?

Headline
"Vaksinasi yang diberikan pada masa bayi memberikan perlindungan jangka panjang," tulis Dr Yen-Hsuan Ni, penulis utama studi tersebut dari National Taiwan University di Taipei seperti dikutip dari Reuters.
Hepatitis B adalah infeksi yang disebabkan virus yang menyerang hati. Virus menyebar melalui kontak dengan darah atau cairan tubuh lainnya dari orang yang terinfeksi.
Menurut badan nirlaba Hepatitis Foundation, diperkirakan 350 juta orang di seluruh dunia memiliki virus hepatitis B. Hampir 100.000 orang baru terinfeksi setiap tahun di Amerika Serikat.
Virus yang juga menjadi penyebab kanker hati ini merupakan jenis kanker paling umum kedua yang diidap masyarakat di Taiwan.
Penelitian yang dilakukan pada 2009 menemukan orang yang berusia 25 tahun jauh lebih kecil kemungkinannya terinfeksi dibandingkan mereka yang berusia antara 26-30 tahun yang tidak diberikan vaksinasi ketika masih bayi.
"Ini keberhasilan pada orang dewasa muda jelas," kata Ni kepada Reuters Health.
Dia menjelaskan bahwa ahli medis memiliki pertanyaan tentang berapa lama efek perlindungan vaksin akan berlangsung.
Temuan memperkuat lima survei sebelumnya - dilakukan pada interval lima tahunan sejak 1984 - yang juga menemukan infeksi lebih rendah di antara mereka yang diberikan suntikan vaksin.
Namun penelitian juga menemukan, bayi yang lahir dari ibu yang terinfeksi yang diberikan suntikan protein sebagai antibodi untuk melawan virus dalam waktu 24 jam setelah kelahiran, tidak sepenuhnya menghilangkan penyebaran virus dari ibu ke anak.
"Penularan dari Ibu ke bayi tetap menjadi rute utama dari kegagalan vaksin yang perlu diatasi," kata Ni.
Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Hepatology diharapkan dapat menjadi petunjuk agar sejumlah negara lain mewajibkan pemberian vaksinasi hepatitis B kepada bayi. Di Taiwan gerakan pemberian vaksin hepaatitis B untuk bayi berlangsung sejak 1984.
Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan suntikan vaksin hepatitis B untuk semua bayi. Bahkan harus semakin digerakkan pemberian vaksin secara cuma-cuma di setiap pusat kesehatan.
Efek samping yang umum termasuk rasa sakit, pembengkakan dan kemerahan di bagian tubuh yang diberi suntikan
http://inilah.com
Bookmark and Share

Empat Teh Terbaik untuk Kesehatan


Meminum setengah hingga dua gelas teh Oolong setiap hari dapat mengurangi risiko hipertensi hingga 46 persen
JAKARTA, Jaringnews.com - Teh selalu dapat membuat tubuh terasa hangat. Minum teh juga dapat mengurangi tingkat stres. Tak ketinggalan, ada manfaat kesehatan lainnya dari minum teh.Tentu saja asal jangan kebanyakkan meminum teh. Karena sesuatu yang berlebihan tak baik juga untuk tubuh.

Sejak ribuan tahun lalu sampai sekarang, teh masih dianggap sebagai minuman sehat. Kemudian beberapa jenis teh yang dari awal pertumbuhan, pengolahan hingga pengemasan ditujukan untuk kesehatan.

Nah, berikut adalah empat teh terbaik untuk kesehatan Anda yang harus Anda konsumsi secara teratur:

1. Teh Darjeeling
Seperti dilansir Oprah, teh ini disebut sebagai teh terbaik di dunia. Pohon teh ini berada di kaki bukit Himalaya, wilayah Darjeeling, India.

Manfaat: Lebih dari 15 sampai 20 persen penduduk terinfeksi dengan bakteri yang disebut H.pylori. Bakteri ini memicu seseorang terkena penyakit lambung kronis, dan kanker perut. Namun, menurut penelitian terbaru, teh Darjeeling mampu menghambat pertumbuhan bakteri itu.

2. Teh Oolong
Daun dari jenis teh Cina ini diproses secara fermentasi. Daun dibiarkan layu sebentar, lalu dimemarkan untuk memacu oksidasi. Daun lalu dikeringkan sebelum proses enzimatik selesai.

Manfaat: Menurut penelitian pada 1.500 orang, meminum setengah gelas hingga dua gelas teh Oolong setiap hari dapat mengurangi risiko hipertensi hingga 46 persen. Teh Oolong kaya akan antioksidan yang dapat mengontrol enzim dan meningkatkan tekanan darah.

3. Teh hitam
Teh hitam difermentasi secara penuh. Ini untuk menngeluarkan rasa khas, warna, dan aroma yang lebih berani. Saat diseduh, warnanya mendekati merah.

Manfaat: Empat senyawa antioksidan yang disebut theaflavins ditemukan pada teh hitam. Fungsinya adalah melindungi otak dari beberapa penyakit berbahaya. Peneliti Jerman pernah menemukan kalau senyawa ini berkontribusi pada perawatan penyakit Alzheimer dan Parkinson.

4. Teh Yerba Maté
Berasal dari jenis pohon teh langka yang ada di Amerika Selatan, teh Yerba Maté termasuk kategori teh herbal yang memiliki rasa seperti rumput. Untuk mengurangi rasa pahitnya, biasanya disebuh dengan air hangat dan bukan air mendidih.
Manfaaat: Pada 2011, pernah dilakukan penelitian dengan memasukan senyawa pada teh Yerba Maté, pada cawan berisi sel kanker usus. Hasilnya, sel kanker tersebut rusak dengan sendirinya. Tak ada salahnya mengonsumsi teh ini bagi Anda yang sering mengalami masalah pencernaan.
Bookmark and Share

PENGERTIAN PENELITIAN


pengertian penelitianApakah pengertian penelitian itu? Jika kamu bertanya pada orang yang berbeda biasanya akan mendapati jawaban yang berbeda pula. Namun meskipun berbeda tetap mampunyai maksud yang sama.
Berikut ini beberapa pendapat mengenai pengertian penelitian.
Menurut Yoseph dan Yoseph, 1979, penelitian adalah art and science guna mencari jawaban terhadap suatu permasalahan. Karena seni dan ilmiah maka penelitian juga akan memberikan ruang-ruang yang akan mengakomodasi adanya perbedaan tentang apa yang dimaksud dengan penelitian.
Penelitian dapat juga diartikan sebagai cara pengamatan atau inkuiri dan mempunyai tujuan untuk mencari jawaban permasalahan atau proseso penemuan, baik itu discovery maupun invention. Discovery diartikan hasil temuan yang memang sebetulnya sudah ada, sebagai contoh misalnya penemuan Benua Amerika adlah penemuan yang cocok untuk arti discovery. Sedangkan invention dapat diartikan sebagai penemuan hasil penelitian yang betul-betul baru dengan dukungan fakta. Misalnya hasil Kloning dari hewan yang sudah mati dan dinyatakan punah, kemudian diteliti untuk menemukan jenis yang baru
Penelitian adalah proses ilmiah yang mencakup sifat formal dan intensif. Karakter formal dan intensif karena mereka terikat dengan aturan, urutan, maupun cara penyajiannya agar memperoleh hasil yang diakui dan bermanfaat bagi kehidupan manusia. Intensif dengan menerapkan ketelitian dan ketepatan dalam melakukan proses penelitian agar memperoleh hasil yang dapat dipertanggung jawabkan, memecahkan problem malalui hubungan sebab dan akibat, dapat diulang kembali dengan cara yang sama dan hasil sama.
Pengertian Penelitian menurut Kerlinger (1986) adalah proses penemuan yang mempunyai karakteristik sistematis, terkontrol, empiris, dan mendasarkan pada teori dan hipotesis atau jawaban sementara. Beberapa karakteristik penelitian sengaja ditekankan oleh kerlinger agar kegiatan penelitian memang berbeda dengan kegiatan profesional lainnya. Penelitian berbeda dengan kegiatan yang menyangkut tugas-tugas wartawan yang biasanya meliput dan melaporkan berita atas dasar fakta. Pekerjaan mereka belum dikatakan penelitian, karena tidak dilengkapi karakteristik lain yang mendukung agar dapat dikatakan hasil penelitian, yaitu karakteristik mendasarkan pada teori yang ada dan relevan dan dilakukan secara intensif dan dikontrol dalam pelaksanaannya.
Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian penelitian adalah sauah seseorang yang dilakukan secara sistematis mengikuti aturan-aturan metodologi misalnya observasi secara sistematis, dikontrol dan mendasarkan pada teori yang ada dan diperkuat dengan gejala yang ada.
Itulah penjelasan mengenai pengertian penelitian, semoga bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan.

referensi : buku metodologi penelitian pendidikan, Prof. Sukardi, Ph.D.
Bookmark and Share

بسم الله الرحمن الررحيم

Segala puji atas kehadirat ALLAH SWT atas segala nikmatnya sehingga blog ini dapat tersusun. Salam dan Salawat atas Rasulullah SAW, nabi rahmatan lil alamin.
Kami mengucapkan selamat datang di blog ini, semoga apa yang kami susun di dalam blog ini dapat mempermudah dan membantu pekerjaan pengunjung sekalian.
Jika ada kekurangan, mohon maaf yang sebesar-besarnya dan kami harapkan komentar untuk memperbaiki kekurangan blog ini.

Bookmark and Share

LIKE FOR BLOG