host

Hosting Gratis

Senin, 10 September 2012

Sujud sebagai Terapi Berbagai Gangguan Kesehatan


HeadlinePernahkah Anda berpikir bahwa sujud bisa menjadi terapi kesehatan? Tahukah Anda bahwa sujud juga dapat menjadi vitamin bagi janin di dalam kandungan?

Saraf-saraf tertentu di otak manusia hanya sesekali dimasuki oleh darah. Bila tidak dimasuki darah sama sekali, maka bisa berakibat sangat buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu, dibutuhkan aktivitas rutin untuk memasukkan darah ke saraf-saraf tersebut.
Dan, aktivitas rutin itu adalah sujud. Saat melakukan gerakan sujud, pembuluh darah di otak juga terlatih menerima banyak pasokan oksigen.
Anda masih belum percaya? Baca dan simak buku ini!

Buku luar biasa ini membongkar secara detail rahasia sujud yang sangat bermanfaat bagi terapi kesehatan.
Di dalamnya, diuraikan mengenai manfaat sujud bagi otak, sebagai antistroke, untuk memperkuat otot, memberikan ketenangan jiwa, menumbuhkan sikap optimis, melatih konsentrasi, serta sarana curhat kepada Allah Swt.
Judul Buku: Sujud sebagai Terapi Berbagai Gangguan Kesehatan
Penulis: Masykur Arif
Penerbit: Najah (bk)
Terbit: Agustus 2012
(inilah.com)
Bookmark and Share

Kini Kanker Paru Banyak Menyerang Perokok Pasif


HeadlineSama seperti para perokok aktif, seseorang yang tidak merokok pun kini banyak terserang kanker paru yang berujung pada kematian. Bagaimana bisa?

Jumlah penderita kanker paru-paru setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan tajam. Sebagian besar penderitanya adalah perokok aktif. Dimana risiko menderita kanker paru-paru pada perokok aktif 13.6 kali lebih besar dibandingkan dengan non perokok.

Namun kanker ini juga menyerang mereka yang perokok pasif lewat asap rokok yang dihembuskan oleh si perokok aktif saat membuang napas. Napas yang dihembuskan tersebut mengandung zat iritan, adiktif dan karsinogen yang menjadi penyebab kanker.

Sementara menurut data yang dilakukan tim dari French College of General Hospital Respiratory Physicians, pada kelompok wanita yang pernah merokok, angka kejadian kanker paru dalam 10 tahun terakhir diperkirakan mencapai 65%.
Yang menarik, jumlah kasus kanker paru pada pria perokok menurun meskipun jumlah pada bukan perokok meningkat.

Selain peningkatan kasus pada wanita dan bukan perokok, penelitian juga mengungkapkan bahawa kasus kanker paru makin sering ditemukan pada stadium lanjut. Tipe kanker paru yang ditemukan juga berubah.

Menurut Dr.Chrystele Locher, peneliti, peningkatan kasus kanker paru pada bukan perokok mungkin dipicu oleh memburuknya lingkungan,misalnya akibat asap buangan dari mesin disel industri. Sebelumnya WHO menggolongkan asap diesel sebagai karsinogen.

Penelitian sebelumnya yang dipresentasikan dalam konferensi American Association for Cancer Research menyebutkan, kanker paru pada perokok dan bukan perokok berbeda. Pada bukan perokok ditemukan perubahan DNA dua kali lebih banyak dari perokok.

Dilansir Medicinenet, Jay W Marks MD menjelaskan tumor paru yang berubah menjadi ganas disebut kanker saat mulai menyerang jaringan lain sel maupun organ tubuh, memungkinkan masuknya sel-sel tumor ke dalam aliran darah atau sistim limfatik dan kemudian ke situs lain dalam tubuh.

"Prosesnya disebut metastatis sejak awal terbentuk. Sehingga menjadi salah satu jenis kanker yang paling sulit diobati dan cepat menyebar ke bagian tubuh lain terutama kelenjar adrenal, hati, otak, dan tulang, " kata Marks.

Penyebab utama kanker paru adalah rokok. Dalam sebatang rokok mengandung zat iritan dan juga zat karsinogen yang secara langsung dapat mengubah karakteristik sel menjadi ganas dan menimbulkan kanker paru-paru.

Sel kanker mudah menyebar ke tempat lain, karena dalam paru-paru banyak mengandung pembuluh darah dan pembuluh limfe (getah bening). Selain rokok, faktor genetik dan keturunan serta polusi udara juga berisiko menyebabkan kanker paru.

Kenali tanda awal kanker

Kanker paru-paru membutuhkan waktu lama untuk memunculkan gejala-gejala kronis dan parah. Oleh karena itu, penting bagi seseorang untuk mengetahui gejala awal kanker paru yang berbeda-beda untuk mengenali pengobatan dini dan tepat terhadap penyakit ini.

Semua tanda dan gejala yang muncul pada kasus kanker stadium awal harus diperhatikan dalam waktu singkat sehingga pengobatan dapat diberikan sekaligus. Setelah adanya tanda-tanda dan gejala, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter spesialis atau dokter Anda.

Saat sel-sel kanker menjadi ganas, maka disebut sebagai kanker paru-paru dalam tahap primer. Jika seseorang terserang kanker paru-paru dan ia bukan perokok dan juga tidak terkena bahan kimia dalam jangka panjang serta iritasi paru-paru, maka kanker itu mungkin berasal dari beberapa tempat lain di dalam tubuh.

Ini berarti bahwa selain lokasi lain yang terkena, kanker juga mencapai paru-paru yang dikenal sebagai metastasis. Penyebaran kanker itu di paru-paru umumnya berasal dari tulang, perut, kelenjar getah bening, payudara, ginjal, kulit, usus besar, leher rahim dan bahkan testis.

Beberapa tanda umum dan gejala kanker adalah: batuk rejan yang tidak hilang dalam waktu beberapa minggu atau bulan, sakit dada, bronkitis atau pneumonia yang berulang, hemoptysis atau dahak bernoda darah, mudah lelah, penurunan berat badan yang disebabkan oleh anoreksia atau kehilangan nafsu makan, dan manifestasi paru-paru seperti dyspnea, suara serak dan mengi.

Kanker bisa sangat sulit terdiagnosis karena gejala-gejala awal seringkali ditoleransi karena dikira ini batuk biasa atau nyeri dada yang normal. Setelah tanda-tanda dan gejala awal muncul, seringkali kanker didiagnosis sudah berat atau telah menjalar ke bagian tubuh terdekat seperti kelenjar getah bening.

Setelah diagnosis metastasis ini terjadi, sudah terlambat karena perkembangan penyakit telah terjadi.
(inilah.com)
Bookmark and Share

Ini 50 Makanan Paling Bergizi di Dunia (II)

Headline
Banyak ragam jenis bahan makanan dengan rasa juga beraneka ragam, ada yang sampai membuat ketagihan ada juga yang menimbulkan alergi. Tapi apakah Anda tahu kandungan gizi di balik sejumlah makanan itu?

Penelitian menunjukkan bahwa wanita hamil yang makan apel sehari-hari mereka cenderungkecil kemungkinan melahirkan anak dengan asma.
Ranking 11, Bluberi
Studi menunjukkan bahwa blueberry memiliki manfaat kesehatan tertentu dan unik. Telah dikaitkan dengan menurunkan kolesterol, mengurangi risiko diabetes, memperlambat proses penuaan, meningkatkan keterampilan motorik dan mendukung kemih dan kesehatan visi.
Ranking 12, kacang pistasi
Kaya protein dan kadar serat, sumber yang baik dari nutrisi seperti vitamin B6, thiamin, tembaga dan fosfor, serta kalium. Pistachio juga peringkat tinggi untuk konten antioksidan, dan beberapa studi telah menghubungkan mereka untuk kesehatan jantung (termasuk penelitian baru baru ini diterbitkan dalam jurnal Hipertensi, menunjukkan bahwa kacang bisa mengurangi tekanan darah ketika berada di bawah stres).
Ranking 13, paprika
Paprika sarat dengan vitamin C, tapi tidak seperti sumber lainnya yang banyak gizi, paprika relatif rendah gula, sementara juga menyediakan serat dan antioksidan beberapa dari kelas karotenoid (alpha-carotene, beta-karoten, likopen, lutein, dan zeaxanthin cryptoxanthin).Karotenoid meningkatkan kesehatan mata,dan berkaitan dengan penurunan risiko kanker dan resiko yang lebih rendah dari kematian terkait jantung.
Dan setidaknya satu studi menemukan bahwa mereka bisa membuat Anda tampil lebih cantik.
Ranking 14, Minyak Zaitun
Baik untuk kesehatan jantung, mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, yang menurut para ahli di Institut on Aging Penn, memberi energi dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.
Memiliki manfaat kadar insulin dan kontrol gula darah, yang sangat membantu jika Anda memiliki diabetes tipe 2.
Ranking 15, coklat hitam
Mengandung zat flavonoid yang mampu melindungi jantung dari penyakit dengan menurunkan tekanan darah, meningkatkan kadar kolesterol "baik" dan menurunkan kadar kolesterol "jahat", membantu dengan aliran darah dan bahkan meningkatkan sensitivitas insulin.

Coklat adalah tinggi kalori dan lemak, sehingga suplemen flavonoid kakao mungkin menjadi pilihan yang lebih baik untuk mendapatkan manfaat penuh dari coklat, bukannya makan beberapa bar sehari.
Ranking 16, Delima
Mengandung antioksidan untuk meningkatkan kesehatan jantung, sumber yang baik untuk serat, folat, vitamin C dan vitamin K. Menambahnya dalam sereal, menggunakan mereka salad, campuran jus atau koktail atau bahkan mencemilnya polos, akan sangat bermanfaat.
Ranking 17, brokoli
Brokoli tinggi serat, rendah kalori, kaya antioksidan vitamin C dan beta karotenkaya vitamin K, E, B dan mineral, kalsium, zat besi, selenium dan potasium.
Dapat meningkatkan kesehatan mata dan mencegah degenerasi makula dengan lutein dan zeaxanthin karotenoid, melindungi terhadap kanker, penyakit jantung, stroke, membangun tulang yang kuat dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.
Dapat membantu melawan kanker payudara. Bahkan, dalam sebuah penelitian baru-baru ini Cina, wanita yang mengkonsumsi sayuran silangan adalah 62 persen lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal karena kanker payudara dan, jika mereka memiliki sejarah kanker payudara, dan 35 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami kekambuhan.
Ranking 18, Ubi manis
Mengandung vitamin A dan beta karoten, yang efektif membantu menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat. Juga merupakan sumber serat yang baik, folat, dan potasium dan bagus untuk kesehatan kulit.
Ranking 19, Alpukat
Dikemas dengan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang membantu orang merasa kenyang, alpukat juga merupakan sumber yang kaya vitamin C, E, kalium, dan lutein.
Dan menunjukkan ketika dipasangkan dengan salad, lemak tak jenuh tunggal membantu kita lebih baik menyerap karotenoid, lycopene dan beta-karoten - sebuah kelas penting dari antioksidan yang ditemukan dalam sayuran yang membantu melindungi terhadap segala sesuatu dari kanker , masalah kesehatan mata, penyakit jantung.
Penelitian awal juga menemukan bahwa buah bisa berperan dalam menghambat pertumbuhan sel kanker prostat.
Ranking 20, Bit
Bit kaya betalains, seperti betanin dan vulgaxanthin, yang memberi mereka pigmen mereka dan juga memiliki anti-inflamasi dan antioksidan.Selain itu, bit mengandung sejumlah besar asam folat, vitamin C, B6, zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, seng, niasin, riboflavin dan tiamin
Ranking 21, ikan salmon
Sumber protein yangbesar dan terkonsentrasi omega 3. Mempromosikan kesehatan jantung, kesehatan otak, kulit lembut dan rambut berkilau.
Ranking 22, bayam
Kaya akan antioksi dan lutein dan zeaxanthin, yang menjaga penglihatan yang tajam. Ini juga penuh dengan vitamin A dan kalsium yang serius, yaitu 245 miligram hampir sebanyak segelas susu.

Bayam segar juga mengandung 3,2 miligram zat besi - lebih dari daging sapi. Namun harus diingat bahwa ini tidak mudah diserap sehingga konsumsi juga beberapa makanan yang kaya vitamin-C untuk membuat mereka lebih mudah diserap.
Ranking 23, Cranberries
Buah merah kecil ini sebenarnya merupakan pencegah infeksi saluran kemih yang kuat, karena itu mampu menghentikan bakteri yang menempel ke dinding saluran kemih, menurut University of Maryland Medical Center.
Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa cranberry memiliki banyak antioksidan dan bahkan mungkin dapat menurunkan jumlah plak gigi dalam mulut kita (yang merupakan faktor risiko untuk penyakit gusi, menurut Pusat Nasional untuk Pelengkap dan Pengobatan Alternatif).
Namun, penting untuk diingat bahwa jus yang terbuat dari cranberry sering mengandung gula yang tinggi.
Ranking 24, kopi
Memiliki kemampuan untuk melindungi terhadap gagal jantung, lebih rendah risiko depresi, risiko lebih rendah terhadap beberapa kanker, melindungi terhadap diabetes dan mungkin membantu Anda hidup lebih lama.
Kopi tinggi antioksidan, yang sangat bagus untuk kesehatan otak.
Ranking 25, oatmeal
Ini sarapan yang akan serat yang mudahlarut, juga terbukti menurunkan kolesterol.Oat merupakan tambahan sumber padat vitamin B1, B2, dan E, dan mineral seng dan zat besi. 
(inilah.com)
Bookmark and Share

Ini 50 Makanan Paling Bergizi di Dunia(1)

Headline
Banyak ragam jenis bahan makanan dengan rasa juga beraneka ragam, ada yang sampai membuat ketagihan ada juga yang menimbulkan alergi. Tapi apakah Anda tahu kandungan gizi di balik sejumlah makanan itu?
Media Inggris Huffpost melakukan penyaringan terhadap makanan-makanan apa saja ,yang dianggap bergizi tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh.
Mereka mengumpulkan pendapat para ahli gizi, ahli kesehatan hingga yang setiap hari berkecimpung di dunia makanan dan menemukan setidaknya 50 jenis makanan di dunia yang dianggap bergizi.
Mereka lalu memberikan rangking-rangking terhadap makanan itu . Inilah makanan yang dianggap paling menyehatkan.
Ranking 1, Stroberi
Buah merah manis ini rendah kalori dan kaya serat, serta banyak mengandung vitamin C ketimbang buah jeruk. Stroberi juga telah dikaitkan dengan penurunan daya pikir lebih lambat pada orang dewasa dan mengobati sakit maag.
Ranking 2, Blackberry dan Raspberry
Berries yang rendah kalori dan merupakan sumber yang sangat baik dari serat, vitamin C, antioksidan dan fitokimia, dan,menurut beberapa penelitian menunjukkan mereka membantu dengan tantangan kesehatan divergen sebagai yang berkaitan dengan penurunan usia mental, penyakit jantung, beberapa jenis kanker, dan saluran kemih infeksi.
Ranking 3, kentang
Dalam bentuk murni, yaitu tidak digoreng, kentang benar-benar dapat membantu dalam diet sehat. Kaya akan karbohidrat kompleks, relatif rendah kalori, dan bebas dari lemak, kolesterol dan sodium, kaya akan vitamin C, B.
Studi awal 2011 studi menemukan bahwa kentang ungu dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah, bahkan mungkin sebanyak oatmeal.
Ranking 4, Ceri
Buah-buahan manis ini dikemas dengan vitamin A dan C, zat besi dan kalsium, dan merupakan makanan rendah kalori untuk boot.Sumber serat yang baik, dan memiliki hampir tidak ada natrium atau lemak.

Dikemas dengan antioksidan, studi menunjukkan makan ceri atau minum jus ceri dapat meningkatkan kesehatan jantung, berperan dalam manajemen nyeri, mendukung pemulihan dari latihan, dan bahkan membantu Anda tertidur lebih cepat.
Juga membantu "melindungi tubuh dari efek berbahaya dari produk yang dikenal sebagai radikal bebas, membuat tubuh biasanya ketika perubahan oksigen dan makanan menjadi energi.
Ranking 5, cairan/Air
Menkonsumsinya setidaknya 91 ons untuk perempuan atau 125 ons untuk pria setiap hari membuat kulit halus dan memori yang tajam, melindungi sendi dan membantu menurunkan berat badan.
"Air membantu tubuh mencerna makanan, menyerap nutrisi dari makanan dan kemudian menyingkirkan sampah yang tidak terpakai," menurut para ahli dari Penn instutute on Aging.
Tidak harus berbentuk air minum, cairan bisa juga dari makanan yang banyak mengandung air seperti semangka dan mentimun.
Ranking 6, Jeruk
Jeruk merupakan sumber yang serat, folat, antioksidan, photochemicals dan, tentu saja, vitamin C, Dan, pada gilirannya, vitamin C sangat penting untuk fungsi kekebalan tubuh, penyembuhan luka dan sebagai bantuan dalam penyerapan zat besi.
Ranking 7. Telur
Telur memberikan protein yang sempurna dan kaya nutrisi, rendah kalori paket, rendah lemak.

Itu karena mereka penuh choline - yang baik untuk memori - serta visi pelindung lutein dan zeaxanthin, Telur memang mengandung kolesterol - sekitar 212 miligram per telur besar .
Memiliki empat kuning telur seminggu tampaknya tidak berpengaruh dalam risiko penyakit jantung .
Ranking 8, Kacang almond
Almond merupakan sumber yang kaya serat, protein lemak, jantung sehat, antioksidan dan vitamin dan mineral, membuat mereka makanan one-stop.
Sementara lemak tak jenuh tunggal bekerja untuk menurunkan kolesterol LDL, dosis yang signifikan vitamin E memberikan kekuatan antioksidan. Terlebih lagi, seperempat cangkir almond memiliki sekitar 100 miligram magnesium (sekitar 25 persen dari uang saku harian), yang mempromosikan kesehatan pembuluh darah dan jantung, dan 257 miligram potasium, yang membantu mencegah tekanan darah tinggi.
Ranking 9, tomat
Penuh vitamin C dan rendah kalori, tomat dapat membantu melawan kanker. Nutrisi yang mudah larut dalam lemak, telah ditunjukkan membantu memerangi prostat, paru-paru dan kanker perut pada khususnya.
Ranking 10, apel
Merupakan "sumber yang sangat baik dari pektin, serat larut yang dapat menurunkan kolesterol darah. Buah ini juga tinggi serat dan kulitnya mengandung sesuatu yang disebut asam ursolat, yang telah ditunjukkan dalam studi terbaru untuk menurunkan angka kejadian obesitas.

Penelitian menunjukkan bahwa wanita hamil yang makan apel sehari-hari mereka cenderungkecil kemungkinan melahirkan anak dengan asma.
Bersambung.......
(inilah.com)
Bookmark and Share

Awas Es Teh Pemicu Batu Ginjal Lho!

Headline
Jika Anda penggemar berat es teh, sebaiknya pikirkan kembali untuk menikmatinya setiap hari.
Karena penelitian mengungkapkan, minum es teh secara rutin, bahkan bisa bergelas-gelas setiap hari dapat berkontribusi pembentukan batu ginjal yang menyakitkan. Hal itu karena es teh memiliki konsentrasi tinggi akan oksalat, salah satu bahan kimia yang dapat mengakibatkan pembentukan batu ginjal.

"Bagi orang yang memiliki kecenderungan untuk memiliki batu ginjal, es teh adalah salah satu yang terburuk untuk diminum," kata Dr John Milner, asisten profesor di departemen urologi di University School Loyola Chicago Stritch dari Medicinedalam sebuah rilis berita seperti dilansir dari time of india.
Para peneliti kemudian menjelaskan bahwa es teh mengandung kadar tinggi oksalat, zat kimia yang mengarah pada pembentukan kristal kecil yang terbuat dari mineral dan garam yang ditemukan dalam air seni.
Meskipun kristal biasanya tidak berbahaya, para peneliti memperingatkan mereka bisa tumbuh cukup besar untuk menjadi terjepit dalam tabung kecil yang mengalirkan urin dari ginjal ke kandung kemih.
"Banyak orang memilih untuk minum es teh lagi, karena rendah kalori dan memiliki rasa yang lebih nikmat ketimbang air biasa. Namun, dalam hal menyebabkan batu ginjal, merekalah yang merugikan," tambah Milner.

Ahli Gizi mengatakan
Mungkin tidak semua es teh rendah kalori. "Hal ini karena mereka yang minum cenderung untuk menambahkan gula, saya juga merasa bahwa es teh dapat menjadi faktor penyebab batu ginjal dan dapat dihindari secara teratur," ujar ahli gizi Dr Priya Karkera.
Dia juga merekomendasikan bahwa mereka yang berisiko terkena batu ginjal harus mengurangi makanan tertentu yang mengandung konsentrasi tinggi oksalat, seperti bayam, cokelat, dan kacang-kacangan. Garam dan daging sangat berbahaya.
Minuman yang dapat mencegah atau mengobati
Jus lemon merupakan minuman yang baik untuk menjaga ginjal terhidrasi, seperti sitrat dalam limun menghambat pertumbuhan batu ginjal. "Minum beberapa gelas air serta satu gelas air barley sehari dapat membantu," saran Dr Karkera.
(inilah.com)
Bookmark and Share

Menikahlah, Ini Obati Kanker Paru-paru!


Selain mengambil obat, terapi atau bahkan operasi untuk penyembuhan, menikah disebut-sebut juga menjadi obat yang mujarab bagi mereka yang menderita kanker paru-paru.
Bahkan bisa membuat mereka hidup lebih lama daripada mereka yang lajang. Penelitian mengungkapkan seperti dikutip dari mid-day.com.
Tak hanya kanker paru-paru, pernikahan juga menjadi obat mujarab bagi penyakit kanker lainnya,termasuk kanker prostat, atau penyakit kepala dan leher.
Studi yang melibatkan168 pasien dengan kanker paru-paru lanjut yang sudah menjalani pengobatan kemoterapi dan radiasi lebih dari satu dekade 2000-2010 menemukan sepertiga dari mereka masih hidup setelah tiga tahun. Mereka adalah yang menikah, dibandingkan 10% dengan penyakit yang sama tapi masih lajang.

Hal ini karena pasien kanker membutuhkan dukungan lebih banyak dalam berkegiatan sehari-hari, dengan tepat tindak lanjut perawatan dan membantu bepergian ke dan dari rumah sakit untuk pengobatan.

Para peneliti dari University of Maryland mengatakan ini adalah penjelasan kemungkinan mengapa pasien menikah mampu menghadapi penyakit dengan lebih baik.
"Status pernikahan tampaknya menjadi prediktor independen penting dari kelangsungan hidup pada pasien dengan stadium lanjut non-kecil sel kanker paru-paru. Alasan untuk ini adalah jelas, tapi temuan kami menunjukkan pentingnya dukungan sosial dalam mengelola dan mengobati pasien kanker paru-paru kita, " kata Elizabeth Nichols, seorang onkologi radiasi yang memimpin penelitian.

"Kami percaya bahwa perawatan yang lebih baik dan mendukung mekanisme dukungan untuk pasien kanker dapat memiliki dampak yang lebih besar terhadap kelangsungan hidup meningkat daripada banyak teknik terapi kanker baru.
"Kita tidak hanya perlu untuk terus fokus pada menemukan obat baru dan terapi kanker, tetapi juga pada cara-cara untuk lebih mendukung pasien kanker," tambahnya.
Para peneliti mempresentasikan temuan mereka pada Simposium 2012 pada Thoracic Oncology di Chicago. 
(inilah.com)
Bookmark and Share

LIKE FOR BLOG