host

Hosting Gratis

Jumat, 07 September 2012

Buah Sukun Sangat Baik Sebagai Menu Diet


Breadfruit (buah roti) atau Sukun (Foto - jlarrygolferphotography)Ternyata di Amerika dan sebagian Eropa sudah lama digunakan sebagai makanan diet

Di Amerika buah Sukun disebut dengan nama breadfruit (buah roti). Masyarakat Amerika ternyata juga menyukai buah sukun sebagai cemilan pengganti roti.

Kata 'sukun' dalam bahasa Jawa berarti 'tanpa biji' dan dipakai untuk kultivar tanpa biji pada jenis buah lainnya, seperti jambu klutuk dan durian. 'Moyangnya' yang berbiji (dan karenanya dianggap setengah liar) dikenal sebagai timbul, kulur (bahasa Sunda), atau kluwih (bahasa Jawa). Di daerah Pasifik, kulur dan sukun menjadi sumber karbohidrat penting. Di sana dikenal dengan berbagai nama, seperti kuru, ulu, atau uru. Nama ilmiahnya adalah Artocarpus altilis , seperti dikutip dari wikipedia.

Buah ini ternyata di Amerika dan sebagian Eropa digunakan sebagai makanan diet, karena mempunyai banyak kelebihan dibandingakn dengan ubi jalar, ubi kayu, maupun kentang.

Buah sukun (Artocarpus altilis) termasuk dalam famili Moraceae alias keluarga Mulberry, memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang lebih tinggi. Cocok dijadikan makanan diet karena kandungan karbohidrat sukun terbilang setara dengan beras, kalori sukun sangat rendah, sehingga pas sebagai menu diet yang sehat. Kandungan mineral maupun kandungan vitaminnya juga tinggi.

Fitokimia adalah zat yang sangat penting bagi tubuh, terkandung dalam sukun, terutama dari beberapa jenis asam amino esensial, seperti isoleusin, methionin, lysine, histidine, tryptophan, serta valin. Manfaat buah sukun juga telah banyak dikenal, diantaranya untuk melancarkan pencernaan, menguatkan tulang dan gigi. Buah sukun juga baik bagi penderita jantung, ginjal , diabetes, serta orang yang mengidap penyakit liver.
(jaringnews.com)
Bookmark and Share

Tauge Dapat Memperbaiki Kualitas Sperma

Setiap 100gr tauge mengandung energi 50 kkal, kalsium 32 mg, potasium 235 mg, besi 897 mg, fosfor 75 mg, seng 960 mg asam folat 160 mg, vitamin C 20 mg dan vitamin B2 163 mg. Vitamin C mulai terbentuk pada hari pertama berkecambah hingga mencapai 15mg per 100 gram setelah 48 jam

JAKARTA, Jaringnews.com - Tauge atau toge sering digunakan sebagi campuran makanan sehari seperti ketoprak, bakso, tahu isi.

Sayuran tunas kacang hijau (phaseolus aureus; latin) ini memang telah diakui secara tradisi turun temurun menjadi ikon lambang kesuburan (fertilitas) pria. Apakah lambang ikon kesuburan pria ini hanya mitos?. Ternyata tidak.

Ini terbukti kandungan vitamin selama proses berkecambah dipercaya sangat berpengaruh terhadap fertilitas:

Vitamin B
Kadar vitamin B akan meningkat 2,5 sampai 3 kali lipat, yang dapat membantu proses pencernaan glukosa ketika glukosa telah dihasilkan maka dia akan memberi masukan pada sel-sel syaraf termasuk sel syaraf pada organ-organ kesuburan pria.

Vitamin C
Mulai terbentuk pada hari pertama berkecambah hingga mencapai 15mg per 100 gram setelah 48 jam. Vitamin C ini berfungsi untuk kesuburan (fertilitas) pria jika kekurangan dalam mengonsumsi vitamin C ini dapat mengakibatkan sel sperma menjadi lengket yang akan menggangu pembuahan sel telur karena sel sperma akan sulit mencapai sel telur.

Vitamin E
Vitamin E akan mengalami peningkatan selama berkecambah dari dari 24-230 mg per 100 gram biji kering menjadi 117-662 mg per 100 gram kecambah. Vitamin ini dikenal untuk kesuburan karena berfungsi dalam pembentukan testoteron yang diperlukan kejantanan pria.

Antioksidan yang terdapat dalam vitamin E ini dapat melindungi sel-sel telur (spermatozoa) dari berbagai kerusakan akibat serangan radikal bebas.

Sehingga kandungan tersebut menganjurkan pasangan yang infertil untuk mengonsumsi tauge, dengan kandungan gizi yang terdeteksi adalah setiap 100gr tauge mengandung energi 50 kkal, kalsium 32 mg, potasium 235 mg, besi 897 mg, fosfor 75 mg, seng 960 mg asam folat 160 mg, vitamin C 20 mg dan vitamin B2 163 mg.

Selama proses berkecambah juga terjadi hidrolisis protein yang menyebabakan kenaikan kadar asam amino (unsur- unsur yang membentuk protein) di dalam kecambah. Dalam penelitian mengatakan bahwa tauge merupakan sumber asam amino esensial yang sangat potensial dengan komposisi yang lebih baik dibandingkan dengan kedelai, seperti dikutip dari info bank of science  
Namun, harus diingat, jangan memasak tauge sampai terlalu matang, sebab memasak terlalu lama akan menghilangkan zat-zat baik pada kandungan sayur penyubur pria ini.
(JARINGNEWS.COM)
Bookmark and Share

Makan 75gr Kenari Sehari Bisa Tingkatkan Vitalitas Pria?

Buah kenari baik untuk vitalitas priaKebiasaan gaya hidup yang buruk dan pola makan salah, pengaruhi kualitas sperma
CALIFORNIA, Jaringnews.com - Beberapa studi menunjukkan kualitas sperma manusia telah menurun di beberapa negara akibat adanya polusi, kebiasaan gaya hidup yang buruk dan pola makan salah. Dan 70 juta pasangan di seluruh dunia mengalami masalah kesuburan dan infertilitas yang 30 persennya disebabkan oleh laki-laki.

Solusinya?, riset yang dilaporkan dalamBiology of Reproduction's Papers-in-Press mengungkapkan makan 75 gram kenari sehari bisa meningkatkan vitalitas, motilitas dan morfologi sperma laki-laki sehat berusia 21-35 tahun.

Dr Wendie Robbins dan rekan dari University of California, Los Angeles menyelidiki seberapa jauh peningkatan asam lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fatty acids/PUFAs) yang penting untuk pematangan sperma dan fungsi membran, serta kualitas sperma. Sumber terbaik dari PUFAs ini dari ikan, minyak ikan, biji rami dan kenari. Kacang kenari ini merupakan sumber yang kaya akan asam alfa-linoleat (ALA) serta sumber alami omega-3 dari tumbuhan.

Riset itu melibatkan 117 laki-laki sehat berusia 21-35 tahun. Menemukan konsumsi kenari sebanyak 75 gram secara signifikan kadar omega-6 dan omega-3 meningkat serta mengalami perbaikan dalam vitalitas, motilitas dan morfologi sperma seperti dikutip dari Health24.

Pria yang terlibat dalam studi ini tidak mengalami perubahan yang signifikan dalam indeks massa tubuh, berat badan maupun tingkat aktivitas lainnya. Namun perubahan terjadi pada kualitas spermanya.
(JARINGNEWS.COM)
Bookmark and Share

Manfaat Ketumbar Membunuh Bakteri

Banyak yang sering berpikir bahwa tanaman herbal dan rempah hanya berperan sebagai bumbu untuk masak. Padahal beberapa jenis herbal mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan tinggi.

Contohnya daun kemangi, peterseli yang memiliki kandungan vitamin A dan C. Peneliti bahkan sudah membuktikan berbagai manfaat kesehatan dari beberapa herba bagi manusia. Sebagaiman dilansir  My Health News Daily (31/08), terdapat beberapa jenis herba yang sebaiknya lebih sering Anda konsumsi karena memiliki banyak manfaat kesehatan.

 Minyak Oregano.
Sebuah penelitian di Journal of Essential Oil Research pada tahun 1998, menunjukkan minyak pada herbal oregano ampuh membunuh bakteri dan jamur tertentu. Sebelumnya, penelitian tahun 1997 oleh para ahli dari Cornell University juga menemukan fakta serupa.
Peneliti menemukan bahwa oregano bisa membunuh bakteri dalam jumlah lebih banyak dalam tubuh.

Daun Ketumbar.
Daunnya ampuh mematikan bakteri Listeria monocytogenes. Demikian menurut penelitian dalamInternational Journal of Food Microbiology tahun 2002.

Bakteri tersebut tergolong berbahaya dan biasa ditemukan dalam makanan. Misalnya susu mentah, susu yang pasteurisasinya kurang benar, keju, es krim, sayuran mentah, sosis fermentasi, daging merah, unggas dan ikan mentah, daging unggas yang sudah dimasak, dan ikan asap.

Curcumin.
Curcumin adalah senyawa yang ditemukan dalam kunyit. Beberapa manfaat kesehatan curcumin adalah mencegah diabetes, demikian menurut penelitian dalam jurnal Diabetes Care pada tahun 2012. Mengonsumsi curcumin alami dari masakan dengan bumbu kunyit lebih disarankan daripada minum suplemen atau multivitamin.
( http://jaringnews.com )

Bookmark and Share

Ibu Menyusui Perlu Konsumsi 7 Makanan Ini

imgSebagai Ibu yang baru melahirkan tentunya memerlukan banyak asupan bergizi. Bukan hanya untuk diri sendiri melainkan untuk bayinya juga. Untuk kembali memulihkan stamina setelah melahirkan beberapa makanan super nutrisi perlu dikonsumsi.

Menyusui merupakan hal yang wajib dilakukan setelah melahirkan. Agar kualitas ASI tetap baik, perlu memilih jenis makanan yang bernutrisi prima. Seperti 7 jenis makanan bergizi yang harus dikonsumi ibu setelah melahirkan.




1. Salmon
Nutrisi pada ikan ini dapat mebangkitkan energi pasca melahirkan. Selain itu, untuk ibu menyusui kualitas ASInya juga akan semakin baik. Karena ikan salmon mengandung DHA yang penting untuk perkembangan sistem saraf bayi.

Meskipun semua ASI mengandung DHA, jika mengonsumsi salmon jumlah DHA akan jauh lebih tinggi. Nutrisi ini juga dapat mencegah depresi.

2. Produk Susu Rendah Lemak
Yogurt, susu atau keju sangat penting untuk ibu menyusui. Mengandung protein, vitamin B dan D, serta kalsium yang dapat membantu pertumbuhan tulang bayi. Minum tiga cangkir susu setiap hari untuk meningkatkan energi.

3. Daging Sapi
Makanan mengandung zat besi sangat dibutuhkan untuk ibu pasca melahirkan agar energi kembali pulih. Bisa mengonsumsi daging sapi tanpa lemak, karena menyimpan sejumlah protein dan vitamin B-12. Sumber nutrisi ini tak hanya baik untuk sang ibu melainkan juga untuk si bayi.

4. Kacang-Kacangan
Kacang yang berwarna gelap seperti kedelai hitam merupakan makanan untuk memicu produksi susu. Buat ibu vegetarian, kacang-kacangan bisa menggantikan sumber protein hewani. Nutrisi yang terkandung berupa zat besi dan protein nabati.

5. Jeruk
Jeruk merupakan buah yang bisa meningkatkan energi setelah melahirkan dan menyusui. Karena vitamin C diperlukan saat hamil dan menyusui. Selain mudah dijumpai harganya juga ekonomis, bisa dikonsumsi langsung atau dibuat jus.

6. Telur
Kuning telur adalah salah satu sumber alami vitamin D. Nutrisi penting ini berguna untuk menjaga tulang Anda dan bayi. Mengandung DHA dan asam lemak esensial. Makan telur setiap hari dapat memenuhi kebutuhan protein harian. Cocok dimakan sebagai menu sarapan atau direbus untuk campuran salad.

7. Air
Dehidrasi juga sering dialami ibu menyusui, yang akan menghilangkan energi dalam tubuh. Pastikan Anda tetap terhidrasi agar produksi ASI tetap baik. Untuk memenuhi kebutuhan cairan, sebaiknya minum sebanyak 8 gelas sehari atau minum jus dan susu. Namun hindari minuman berkafein, karena bisa menyebabkan si bayi jadi sensitif dan susah tidur.

(detik.com)


Bookmark and Share

Bubble Tea Dapat Menyebabkan Kanker?

Bubble Tea Dapat Menyebabkan Kanker?Bola-bola hitam seukuran kelereng mungil dalam bubble teabiasa disebut tapioca pearl atau boba. Tekstur kenyalnya membuat minuman semakin enak. Namun, boba dikabarkan mengandung bahan nonpangan yang dapat menyebabkan kanker. Benarkah?

Bubble tea pertama kali dibuat pada tahun 1980-an di Taiwan. Seiring waktu, minuman ini populer di Asia Timur dan Tenggara, termasuk Indonesia. Meski bubble drink sudah lama ada di sini, ketenarannya kembali naik karena kehadiran beberapa franchise bubble tea asal Taiwan. Antriannya tak pernah sepi. Kebanyakan penggemarnya adalah remaja dan anak-anak.

Tren bubble tea juga mulai menyebar ke Amerika Utara dan Eropa, salah satunya adalah Jerman. Namun, baru-baru ini New York Postmelansir kabar mengejutkan. Otoritas kesehatan Jerman melarangbubble tea asal Taiwan karena dapat membuat anak tersedak dan mengandung bahan kimia penyebab kanker.

Peneliti dari University Hospital Aachen, Jerman, mengambil sampelbubble tea dari sebuah merk waralaba di Mönchengladbach, Jerman.Tapioca pearlnya berasal dari Taiwan. Setelah diteliti, boba tersebut mengandung polychlorinated biphenyls (PCB) seperti styreneacetophenone, dan zat-zat brominate. PCB merupakan bahan nonpangan dan dapat menyebabkan kanker.

Menurut Environmental Protection Agency (EPA) Amerika Serikat, PCB juga menyebabkan penyakit non kanker pada hewan. Zat ini dapat menimbulkan gangguan pada sistem kekebalan tubuh, reproduksi, syaraf, endokrin, serta dampak kesehatan lain pada tubuh. Biasanya, PCB digunakan sebagai pendingin dan pelumas untuk berbagai alat elektronik.

German Federal Institute for Risk Assessment juga mengeluarkan peringatan tentang bahaya tersedak boba pada anak berusia kurang dari 4 tahun. "Ada risiko benda asing secara tak sengaja masuk ke paru-paru saat menyedot boba," ujar Dr. Andreas Hensel. Meski demikian, sampai saat ini belum ada laporan mengenai insiden terkait bubble tea.
(DETIK.COM)
Bookmark and Share

LIKE FOR BLOG