host

Hosting Gratis

Jumat, 07 September 2012

Ibu Menyusui Perlu Konsumsi 7 Makanan Ini

imgSebagai Ibu yang baru melahirkan tentunya memerlukan banyak asupan bergizi. Bukan hanya untuk diri sendiri melainkan untuk bayinya juga. Untuk kembali memulihkan stamina setelah melahirkan beberapa makanan super nutrisi perlu dikonsumsi.

Menyusui merupakan hal yang wajib dilakukan setelah melahirkan. Agar kualitas ASI tetap baik, perlu memilih jenis makanan yang bernutrisi prima. Seperti 7 jenis makanan bergizi yang harus dikonsumi ibu setelah melahirkan.




1. Salmon
Nutrisi pada ikan ini dapat mebangkitkan energi pasca melahirkan. Selain itu, untuk ibu menyusui kualitas ASInya juga akan semakin baik. Karena ikan salmon mengandung DHA yang penting untuk perkembangan sistem saraf bayi.

Meskipun semua ASI mengandung DHA, jika mengonsumsi salmon jumlah DHA akan jauh lebih tinggi. Nutrisi ini juga dapat mencegah depresi.

2. Produk Susu Rendah Lemak
Yogurt, susu atau keju sangat penting untuk ibu menyusui. Mengandung protein, vitamin B dan D, serta kalsium yang dapat membantu pertumbuhan tulang bayi. Minum tiga cangkir susu setiap hari untuk meningkatkan energi.

3. Daging Sapi
Makanan mengandung zat besi sangat dibutuhkan untuk ibu pasca melahirkan agar energi kembali pulih. Bisa mengonsumsi daging sapi tanpa lemak, karena menyimpan sejumlah protein dan vitamin B-12. Sumber nutrisi ini tak hanya baik untuk sang ibu melainkan juga untuk si bayi.

4. Kacang-Kacangan
Kacang yang berwarna gelap seperti kedelai hitam merupakan makanan untuk memicu produksi susu. Buat ibu vegetarian, kacang-kacangan bisa menggantikan sumber protein hewani. Nutrisi yang terkandung berupa zat besi dan protein nabati.

5. Jeruk
Jeruk merupakan buah yang bisa meningkatkan energi setelah melahirkan dan menyusui. Karena vitamin C diperlukan saat hamil dan menyusui. Selain mudah dijumpai harganya juga ekonomis, bisa dikonsumsi langsung atau dibuat jus.

6. Telur
Kuning telur adalah salah satu sumber alami vitamin D. Nutrisi penting ini berguna untuk menjaga tulang Anda dan bayi. Mengandung DHA dan asam lemak esensial. Makan telur setiap hari dapat memenuhi kebutuhan protein harian. Cocok dimakan sebagai menu sarapan atau direbus untuk campuran salad.

7. Air
Dehidrasi juga sering dialami ibu menyusui, yang akan menghilangkan energi dalam tubuh. Pastikan Anda tetap terhidrasi agar produksi ASI tetap baik. Untuk memenuhi kebutuhan cairan, sebaiknya minum sebanyak 8 gelas sehari atau minum jus dan susu. Namun hindari minuman berkafein, karena bisa menyebabkan si bayi jadi sensitif dan susah tidur.

(detik.com)


Bookmark and Share

0 komentar:

Poskan Komentar

LIKE FOR BLOG