host

Hosting Gratis

Jumat, 07 September 2012

Manfaat Ketumbar Membunuh Bakteri

Banyak yang sering berpikir bahwa tanaman herbal dan rempah hanya berperan sebagai bumbu untuk masak. Padahal beberapa jenis herbal mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan tinggi.

Contohnya daun kemangi, peterseli yang memiliki kandungan vitamin A dan C. Peneliti bahkan sudah membuktikan berbagai manfaat kesehatan dari beberapa herba bagi manusia. Sebagaiman dilansir  My Health News Daily (31/08), terdapat beberapa jenis herba yang sebaiknya lebih sering Anda konsumsi karena memiliki banyak manfaat kesehatan.

 Minyak Oregano.
Sebuah penelitian di Journal of Essential Oil Research pada tahun 1998, menunjukkan minyak pada herbal oregano ampuh membunuh bakteri dan jamur tertentu. Sebelumnya, penelitian tahun 1997 oleh para ahli dari Cornell University juga menemukan fakta serupa.
Peneliti menemukan bahwa oregano bisa membunuh bakteri dalam jumlah lebih banyak dalam tubuh.

Daun Ketumbar.
Daunnya ampuh mematikan bakteri Listeria monocytogenes. Demikian menurut penelitian dalamInternational Journal of Food Microbiology tahun 2002.

Bakteri tersebut tergolong berbahaya dan biasa ditemukan dalam makanan. Misalnya susu mentah, susu yang pasteurisasinya kurang benar, keju, es krim, sayuran mentah, sosis fermentasi, daging merah, unggas dan ikan mentah, daging unggas yang sudah dimasak, dan ikan asap.

Curcumin.
Curcumin adalah senyawa yang ditemukan dalam kunyit. Beberapa manfaat kesehatan curcumin adalah mencegah diabetes, demikian menurut penelitian dalam jurnal Diabetes Care pada tahun 2012. Mengonsumsi curcumin alami dari masakan dengan bumbu kunyit lebih disarankan daripada minum suplemen atau multivitamin.
( http://jaringnews.com )

Bookmark and Share

0 komentar:

Posting Komentar

LIKE FOR BLOG