host

Hosting Gratis

Senin, 10 September 2012

Awas Es Teh Pemicu Batu Ginjal Lho!

Headline
Jika Anda penggemar berat es teh, sebaiknya pikirkan kembali untuk menikmatinya setiap hari.
Karena penelitian mengungkapkan, minum es teh secara rutin, bahkan bisa bergelas-gelas setiap hari dapat berkontribusi pembentukan batu ginjal yang menyakitkan. Hal itu karena es teh memiliki konsentrasi tinggi akan oksalat, salah satu bahan kimia yang dapat mengakibatkan pembentukan batu ginjal.

"Bagi orang yang memiliki kecenderungan untuk memiliki batu ginjal, es teh adalah salah satu yang terburuk untuk diminum," kata Dr John Milner, asisten profesor di departemen urologi di University School Loyola Chicago Stritch dari Medicinedalam sebuah rilis berita seperti dilansir dari time of india.
Para peneliti kemudian menjelaskan bahwa es teh mengandung kadar tinggi oksalat, zat kimia yang mengarah pada pembentukan kristal kecil yang terbuat dari mineral dan garam yang ditemukan dalam air seni.
Meskipun kristal biasanya tidak berbahaya, para peneliti memperingatkan mereka bisa tumbuh cukup besar untuk menjadi terjepit dalam tabung kecil yang mengalirkan urin dari ginjal ke kandung kemih.
"Banyak orang memilih untuk minum es teh lagi, karena rendah kalori dan memiliki rasa yang lebih nikmat ketimbang air biasa. Namun, dalam hal menyebabkan batu ginjal, merekalah yang merugikan," tambah Milner.

Ahli Gizi mengatakan
Mungkin tidak semua es teh rendah kalori. "Hal ini karena mereka yang minum cenderung untuk menambahkan gula, saya juga merasa bahwa es teh dapat menjadi faktor penyebab batu ginjal dan dapat dihindari secara teratur," ujar ahli gizi Dr Priya Karkera.
Dia juga merekomendasikan bahwa mereka yang berisiko terkena batu ginjal harus mengurangi makanan tertentu yang mengandung konsentrasi tinggi oksalat, seperti bayam, cokelat, dan kacang-kacangan. Garam dan daging sangat berbahaya.
Minuman yang dapat mencegah atau mengobati
Jus lemon merupakan minuman yang baik untuk menjaga ginjal terhidrasi, seperti sitrat dalam limun menghambat pertumbuhan batu ginjal. "Minum beberapa gelas air serta satu gelas air barley sehari dapat membantu," saran Dr Karkera.
(inilah.com)
Bookmark and Share

0 komentar:

Posting Komentar

LIKE FOR BLOG