host

Hosting Gratis

Minggu, 24 Juni 2012

Empat Teh Terbaik untuk Kesehatan


Meminum setengah hingga dua gelas teh Oolong setiap hari dapat mengurangi risiko hipertensi hingga 46 persen
JAKARTA, Jaringnews.com - Teh selalu dapat membuat tubuh terasa hangat. Minum teh juga dapat mengurangi tingkat stres. Tak ketinggalan, ada manfaat kesehatan lainnya dari minum teh.Tentu saja asal jangan kebanyakkan meminum teh. Karena sesuatu yang berlebihan tak baik juga untuk tubuh.

Sejak ribuan tahun lalu sampai sekarang, teh masih dianggap sebagai minuman sehat. Kemudian beberapa jenis teh yang dari awal pertumbuhan, pengolahan hingga pengemasan ditujukan untuk kesehatan.

Nah, berikut adalah empat teh terbaik untuk kesehatan Anda yang harus Anda konsumsi secara teratur:

1. Teh Darjeeling
Seperti dilansir Oprah, teh ini disebut sebagai teh terbaik di dunia. Pohon teh ini berada di kaki bukit Himalaya, wilayah Darjeeling, India.

Manfaat: Lebih dari 15 sampai 20 persen penduduk terinfeksi dengan bakteri yang disebut H.pylori. Bakteri ini memicu seseorang terkena penyakit lambung kronis, dan kanker perut. Namun, menurut penelitian terbaru, teh Darjeeling mampu menghambat pertumbuhan bakteri itu.

2. Teh Oolong
Daun dari jenis teh Cina ini diproses secara fermentasi. Daun dibiarkan layu sebentar, lalu dimemarkan untuk memacu oksidasi. Daun lalu dikeringkan sebelum proses enzimatik selesai.

Manfaat: Menurut penelitian pada 1.500 orang, meminum setengah gelas hingga dua gelas teh Oolong setiap hari dapat mengurangi risiko hipertensi hingga 46 persen. Teh Oolong kaya akan antioksidan yang dapat mengontrol enzim dan meningkatkan tekanan darah.

3. Teh hitam
Teh hitam difermentasi secara penuh. Ini untuk menngeluarkan rasa khas, warna, dan aroma yang lebih berani. Saat diseduh, warnanya mendekati merah.

Manfaat: Empat senyawa antioksidan yang disebut theaflavins ditemukan pada teh hitam. Fungsinya adalah melindungi otak dari beberapa penyakit berbahaya. Peneliti Jerman pernah menemukan kalau senyawa ini berkontribusi pada perawatan penyakit Alzheimer dan Parkinson.

4. Teh Yerba Maté
Berasal dari jenis pohon teh langka yang ada di Amerika Selatan, teh Yerba Maté termasuk kategori teh herbal yang memiliki rasa seperti rumput. Untuk mengurangi rasa pahitnya, biasanya disebuh dengan air hangat dan bukan air mendidih.
Manfaaat: Pada 2011, pernah dilakukan penelitian dengan memasukan senyawa pada teh Yerba Maté, pada cawan berisi sel kanker usus. Hasilnya, sel kanker tersebut rusak dengan sendirinya. Tak ada salahnya mengonsumsi teh ini bagi Anda yang sering mengalami masalah pencernaan.
Bookmark and Share

0 komentar:

Posting Komentar

LIKE FOR BLOG