host

Hosting Gratis

Kamis, 28 Juni 2012

Konsumsi Makanan Ini saat Sakit Tenggorokan

HeadlineAnda mungkin sering merasakan tenggorokan sakit pada saat menelan, atau tenggorokan terasa gatal dan serak. Bisa jadi hal itu merupakan gejala radang tenggorokan.





Nah, untuk mempercepat proses penyembuhan, sebenarnya ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu. Apa saja?

Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan tinggi serat larut, berperan membantu dalam menurunkan kadar kolesterol LDL. Oat juga tinggi kandungan protein yang membuat Anda selalu merasa kenyang dan puas untuk jangka waktu lebih lama.

Jahe

Secangkir teh panas dari jahe atau madu bisa menjadi pilihan tepat untuk menenangkan tenggorokan yang teriritasi dan gatal. Madu akan melapisi tenggorokan dan membantu mencegah iritasi, yang merupakan alasan utama di balik munculnya batuk.

Putih telur

Tidak banyak yang tahu bahwa putih telur dapat membantu menangani peradangan dan rasa sakit di tenggorokan. Namun pastikan Anda tidak mencampur putih telur dengan bumbu karena hal ini mungkin dapat memperburuk rasa sakit.

Air garam hangat

Jika tenggorokan sudah mulai sakit dan gatal, maka saatnya berkumur dengan air garam hangat. Larutan satu sendok teh garam plus 1/2 liter air hangat. Ini bisa membunuh bakteri dalam tenggorokan sekaligus meningkatkan sirkulasi darah yang membawa sel pembasmi infeksi ke kerongkongan untuk mempercepat penyembuhan.

"Saran lain, jangan gunakan air panas agar tenggorokan tak terbakar," ujar Tim Tucker selaku ahli farmasi dari Huntingdon, Tennessee.

Teh herbal

Saat kesakitan berlangsung sepanjang hari, saatnya menenggak teh herbal yang mengandung penggerak imun, seperti echinacea atau licorice selaku antiviral dan antibakterial.

Sup ayam

Beberapa orang percaya bahwa sop ayam dapat memerangi sakit tenggorokan. Bahkan semangkuk sop ayam hangat dapat pula berperan sebagai antibiotik karena memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu mengurangi kemampetan dengan membatasi virus yang datang dalam kontak dengan membran lendir.

Lada

Rasa pedasnya akan mengurangi aktivitas otak ketika menerima rasa sakit dari pusat sistem saraf. Lada juga bisa menyembuhkan sinuistis serta mengencerkan sumbat pada tenggorokan. (inilah.com)
Bookmark and Share

0 komentar:

Posting Komentar

LIKE FOR BLOG