host

Hosting Gratis

Senin, 30 Juli 2012

Actinobacteria, Nenek Moyang Semua Makhluk Hidup?

Lewat analisis menggunakan data bank gen, William Duax, pakar kimia dari State University of New York di Buffalo, berhasil mengidentifikasi nenek moyang dari semua makhluk hidup di Bumi.

Menurut analisis tersebut, nenek moyang semua makhluk hidup di Bumi adalah jenis bakteri Actinobacteria, jenis bakteri yang selama ini banyak menghasilkan antibiotik yang dibutuhkan manusia.

Analisis Duax dilakukan dengan membandingkan protein ribosom, protein yang bersama asam ribonukleat menyusun organ sel bernama ribosom, yang berperan dalam pembentukan protein itu sendiri.

Penelitian dilakukan dengan data bank gen. Protein dari beragam kingdom makhluk hidup dibandingkan untuk mengetahui moyangnya. Hasilnya, moyang terakhir dari makhluk hidup adalah bakteri Actinobacteria.

Protein ribosom selama ini banyak digunakan dalam kajian evolusi sebab mudah diidentifikasi secara akurat dan hanya ditransfer ke individu lewat reproduksi.

Dengan analisis protein itu, peneliti bisa menempatkan individu dalam pohon evolusi. Protein yang dibandingkan dalam studi ini disebut S19 dan S13.

Bank gen kini memiliki 600.000 gen milik lebih dari 6.000 spesies. Hasil studi ini akan dipresentasikan di pertemuan tahunan American Crystallographic Association.
Sumber :
Bookmark and Share

0 komentar:

Poskan Komentar

LIKE FOR BLOG