host

Hosting Gratis

Rabu, 19 September 2012

8 Penyakit ini bisa dicegah dengan gosok gigi!


Menggosok gigi adalah kebiasaan wajar yang kita lakukan setiap hari. Alasan orang menggosok gigi, pastilah untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi mereka. Padahal, menggosok gigi juga bisa menjauhkan Anda dari banyak penyakit lain lho. Ini dia penyakit-penyakit yang bisa dihindari dengan menggosok gigi, seperti dilansir oleh Huffington Post (13/09).
1. Penyakit jantung
Orang dewasa yang melakukan pemeriksaan gigi dan membersihkan gigi dengan benar secara teratur memiliki risiko terkena penyakit jantung yang lebih rendah, berdasarkan penelitian di American Journal of Medicine tahun 2012.
2. Stroke
Penelitian yang sama juga menunjukkan bahwa memeriksakan gigi secara teratur mengurangi risiko stroke.
3. Penyakit gusi
Rajin menggosok gigi juga bisa mencegah penyakit gusi. Peneliti di The National Institute of Dental and Craniofacial menyarankan agar Anda menggosok gigi dua kali sehari untuk mengurangi risiko sakit gusi.
4. Pneumonia
Sebuah penelitian tahun 2011 di Journal of Periodontology menunjukkan bahwa infeksi oral mampu meningkatkan penyakit pernapasan termasuk pneumonia dan COPD (Chronic Obstructive Pulmonary Disease). Untuk itu, rajin-rajinlah menjaga kesehatan gigi.
5. Kelahiran prematur
Percaya atau tidak, memiliki mulut dan gigi sehat juga bagus untuk kehamilan. Sebuah penelitian tahun 2007 menunjukkan bahwa penyakit mulut bisa menyebabkan kelahiran prematur dan berat badan yang kecil pada bayi.
6. Makan berlebihan
Dengan menggosok gigi secara teratur, Anda akan terhindar dari makan yang berlebihan dan sembarangan. Selain itu menggosok gigi akan membuat Anda malas makan lagi, setelah mulut Anda terasa berbeda setelah menggosok gigi.
7. Alzheimer
Sebuah penelitian di NYU College of Dentistry menunjukkan bahwa penyakit gusi bisa meningkatkan risiko Alzheimer. Tentu saja, dengan menjaga kesehatan gigi dan gusi akan mengurangi risiko terkena Alzheimer, sekaligus menjaga kesehatan otak.
8. Disfungsi ereksi
Selain mulut yang segar juga bisa membuat pasangan nyaman, ternyata kesehatan mulut juga berdampak besar pada kehidupan seksual. Menjaga kebersihan gigi dan mulut ditengarai mampu mencegah kelainan disfungsi ereksi pada pria. Pria yang memiliki penyakit gusi atau kesehatan mulut buruk diketahui memiliki risiko disfungsi ereksi yang tinggi.
Itulah delapan penyakit yang bisa dijauhkan hanya dengan kebiasaan menggosok gigi dan menjaga kesehatan mulut. Sekarang, tak ada lagi alasan untuk meremehkan kesehatan gigi kan?  (MERDEKA.com)
Bookmark and Share

0 komentar:

Poskan Komentar

LIKE FOR BLOG