host

Hosting Gratis

Jumat, 13 Juli 2012

Orang bisa Cepat Tua karena ini

img
Menua bukan semata proses yang dihadapi ketika usia manusia mulai bertambah. Menua juga bisa disebabkan sejumlah faktor yang membuat organ-organ tertentu dalam tubuh manusia berubah, salah satu diantaranya karena fobia kecemasan yang intens.

Kondisi atau gangguan mental semacam ini tak hanya menyebabkan penderitanya menua tetapi juga mengalami proses penuaan lebih cepat dari orang-orang seusianya.

Untuk lebih lengkapnya, simak 7 faktor yang membuat Anda cepat menua seperti dilansir dari huffingtonpost,Jumat (13/7/2012) berikut ini:


1. Fobia Kecemasan
Sebuah studi baru dari peneliti di Brigham dan Women's Hospital menunjukkan bahwa fobia kecemasan dapat menyebabkan penuaan biologis lebih cepat, bersamaan dengan masalah kesehatan lainnya. Peneliti Author Okereke dan timnya mempelajari hubungan antara kecemasan dan telomere atau protein DNA di ujung kromosom yang bertindak sebagai penanda biologis pada proses penuaan. Hasilnya, gejala-gejala fobia kecemasan berkaitan dengan telomere yang lebih pendek.

2. Paparan Sinar Matahari
Paparan sinar matahari berkontribusi terhadap timbulnya keriput dan percepatan penuaan eksternal.
Meskipun pigmen alami manusia telah menyediakan sejumlah perlindungan, paparan sinar matahari kronis dapat menyebabkan age spot (bercak-bercak berwarna coklat yang biasanya ditemukan pada lansia) dan elastosis atau kerusakan jaringan elastis pada kulit sehingga kulit tampak kasar.


3. Perceraian
Berpisah dengan suami/istri juga bisa menyebabkan percepatan penuaan. Hal ini didasarkan pada sebuah studi analisis wajah yang dilakukan pada sejumlah kembar identik pada tahun 2009.
Menurut studi ini, orang kembar yang telah bercerai kelihatan lebih tua, tepatnya 1,7 tahun lebih tua dibandingkan saudara kembarnya yang belum pernah menghadapi perceraian.


4. Merokok
Bukan rahasia lagi jika merokok tak baik bagi kesehatan. Kebiasaan ini juga membuat orang lebih cepat tua, baik di luar maupun di dalam tubuh. Di luar, merokok berkontribusi terhadap munculnya keriput dan di dalam tubuh merokok telah banyak dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan serius.


5. Gula
Pola makan yang buruk juga bisa berkontribusi terhadap proses penuaan yang lebih cepat. Asupan gula yang tinggi misalnya, dapat menyebabkan penambahan berat badan yang tidak sehat, namun faktor penuaan yang sebenarnya adalah bagaimana tubuh seseorang mengenali dan menggunakan gula itu sendiri.
Selain itu, konsumsi gula yang berlebihan dapat mengakibatkan tingginya jumlah gula dalam tubuh seseorang dan hal itu seringkali dikaitkan dengan penuaan.
6. Obat-obatan Antidepresan
Menurut studi analisis wajah pada tahun 2009 yang dilakukan pada sejumlah kembar identik, penggunaan obat-obatan antidepresan juga bisa mengakibatkan percepatan penuaan.Setelah meninjau foto-foto 186 saudara kembar, peneliti menemukan partisipan yang mengonsumsi obat-obatan antidepresan seringkali terlihat lebih tua daripada kembarannya yang tidak meminumnya.


7. Kesepian
Merasa kesepian di usia tua juga menyebabkan orang-orang menua lebih cepat. Menurut sebuah studi pada tahun 2011, 985 partisipan dinilai tingkat kesendiriannya dengan skala 5 poin. Dari situ peneliti menemukan untuk setiap titik pada skala yang melampaui garis batas, penurunan motoriknya 40 persen lebih cepat.Lebih dari itu, peningkatan angka penurunan motorik juga dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian sebesar 50 persen.
detik.com
Bookmark and Share

1 komentar:

  1. cepat tua itu biasanya karena banyak pikiran stress seperti point 1

    BalasHapus

Bisnis 100% Tanpa Modal

LIKE FOR BLOG