host

Hosting Gratis

Minggu, 01 Juli 2012

Katak Borneo Ucapkan Salam dengan Lambaian Kaki

Katak Borneo jenis Lesser Rock Frog memiliki cara unik untuk mengucapkan salam dan berkomunikasi. Jenis katak yang kini terancam punah tersebut berkomunikasi dengan melambaikan tangan dan beradu jari kaki layaknya manusia sedang membuat aksi "tos".

Perilaku katak itu menarik perhatian ilmuwan. Semula, ilmuwan mengira perilaku tersebut terkait dengan reproduksi dan kematangan seksual. Tapi, kini pandangan itu dipertanyakan.

Ilmuwan di Kebun Binatang Schonbrunn di Vienna, Austria, mengembangbiakkan ribuan Lesser Rock Frogs. Mereka menemukan, katak mulai melambaikan tangan segera setelah tahap berudu. 

"Pakar percaya ini berhubungan dengan reproduksi. Tapi, sekarang kita tahu bahwa anakan hewan melambaikan kaki sebelum mencapai kematangan seksual," kata Dagmar Schratter, direktur kebun binatang tersebut seperti dikutip Daily Mail, Jumat (15/6/2012).

Jenis Lesser Rock Frog bukan katak unik pertama yang ditemukan di Borneo. Sebelumnya, ilmuwan juga menemukan katak yang tak memiliki paru-paru, bernafas dengan kulit. Spesies katak ini sudah ditemukan tahun 1978, namun baru disadari bahwa ternyata tak berparu-paru akhir-akhir ini. (kompas.com)
Bookmark and Share

0 komentar:

Poskan Komentar

LIKE FOR BLOG